December 18, 2010

INDONESIAKU (35)

Nonton Bola,
Belakangan ini dunia bola kita begitu gegap gempita,
timnas kita merangkak menunjukkan prestasinya.
Begitu mempesona, menyihir kita-kita untuk
berbondong-bondong menyaksikanya,
senayan memerah dan bergemuruh,
begitu juga di rumah, di cafe-cafe,
di mana pun bahkan di manca negara.
Tidak perduli petani, tentara, artis,
bahkan presiden dan menterinya pun juga.
Aktivitas timnas dan prestasinya dan juga pesonanya,
sudah lama dirindukan.
Semua bergairah,.
atribut merah putih melengkapi hampir semua suporter,
bahkan mewabah di seantero nusantara
sampai permintaan melampaui persediaan.
Begitu besar pengaruhnya,
mengeliat seluruh sendi-sendi kehidupan bangsa ini.
Sungguh merupakan penghiburan
di antara deraan bencana dan
hiruk-pikuk manuver elite politik bangsa ini.
Dan ketika aku nonton bola,
aku hanyalah satu di antara suporter,
bahkan walaupun aku seorang artis,
aku hanyalah seorang suporter.
Begitu pun seandainya aku seorang presiden
aku hanyalah satu di antara suporter.
Suporter tak henti mengelukan timnas
bukan mengelukan koordinator suporter
bukan mengelukan presidennya suporter
bukan juga mengelukan pengurus timnas.
Kini aku merindukan pemimpin yang bisa
membawa kita menjadi suporter bagi Bangsa dan Negara ini,
Menjadikan bangsa yang bangga dengan negaranya sendiri,
membangkitkan semangat nasionalismenya. 
Dan Menjadikan negara dan bangsa ini
sebagai bangsa yang punya harga diri dan sarat prestasi.
Kini aku merindukan pemimpin yang begitu dicintai,
yang sarat prestasi,
yang mampu menyatukan komponen bangsa ini,
untuk bersama mengelukan.
Dan aku berharap pemimpin yang nonton bola,
adalah betul menjadi suporter,
dan hanyalah salah satu dari suporter,
kalau toh jabatannya tinggi
adalah tanggung jawab untuk menJadikan dirinya
teladan bagi yang lain,
menjadi suporter yang baik,
dan bukan untuk pencitraan diri atau alibi.
Berharap suatu hari nanti NKRI sarat prestasi,
dan menjadi mempesona,
dan mampu menyihir bangsa ini untuk bangkit,
bangun dari tidur panjangnya.

Biarlah Pancasila falsafahmu
Suatu hari nanti akulah presidenmu

2 comments:

  1. Greetings every body, great message board I find It positively accessible & it has helped me out alot
    I hope to be able to contribute & help other people like this website has helped me

    _________________
    [url=http://iphoneusers.com]unlock iphone[/url]

    ReplyDelete

bebas berkomentar, berkomentar bebas ....